Tentang Pappiptek-LIPI
  • Home
  • Tentang Pappiptek-LIPI
  • Sejarah dan Visi-Misi

Sejarah dan Visi-Misi

Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PAPPIPTEK – LIPI), yang sebelumnya bernama Pusat Analisa Perkembangan Iptek (PAPPIPTEK) didirikan pada tanggal 13 Januari 1986. PAPPIPTEK merupakan gabungan antara Biro Koordinasi dan Kebijakan Ilmiah (BKKI), Proyek R&D Management LIPI dan studi Kebijakan IPTEK di bawah Kedeputian Teknologi-LIPI. Pada awal pendiriannya PAPPIPTEK berada di bawah koordinasi Deputi Pembinaan Sarana Ilmiah (BINSARIL) – LIPI. Tugas dari PAPPIPTEK berdasarkan Keputusan Ketua LIPI No. 23/Kep/D.5/1987 adalah bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pembinaan, pengumpulan dan pengolahan data, penelitian dan pengembangan perangkat pendukung kebijakan Iptek dalam rangka analisis perkembangan Iptek. Dalam menjalankan tugasnya PAPPIPTEK dipimpin oleh seorang Kepala Pusat dengan dibantu oleh dua Kepala Balai, dua Kepala Bidang dan satu Kepala Bagian.

Sejalan dengan perkembangan organisasi LIPI, pada tanggal 5 Juni 2011 berdasarkan Keputusan Kepala LIPI No.1151/M/2001, PAPPIPTEK berganti nama menjadi Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (PAPPITEK). PAPPIPTEK yang baru ini merupakan unit penelitian yang merupakan kelanjutan, pembaruan, dan penyempurnaan dari unit penelitian sebelumnya yaitu Pusat Analisa Perkembangan Iptek (PAPPIPTEK).

Pembaharuan tersebut tampak dari tambahan dua tugas dan fungsi baru. Pertama, pembaruan eksplisit sebagai unit sentral dalam sistem manajemen informasi di lingkungan LIPI (e-Government). Kedua, pembaruan implisit (sesuai bimbingan administratif Kepala LIPI) sebagai andalan dalam pengkajian perencanaan program di lingkungan LIPI (S&T planning). Sebagai penyempurnaan, tampak dari kedudukan PAPPITEK yang secara organisatoris berada di bawah kendali Kepala LIPI melalui Sekretaris Utama, yang memfasilitasi PAPPIPTEK untuk mengemban tugas-tugas tim lintas fungsi (cross function team) di lingkungan LIPI. Lingkup tugas PAPPIPTEK yang baru mencakup manajemen litbang, dengan kegiatan yang meliputi : penelitian kebijakan perkembangan Iptek, sistem manajemen litbang, dan sistem informasi manajemen Iptek.

Penataan organisasi LIPI melalui Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 tahun 2014 menggantikan Keputusan Kepala LIPI Nomor 3212/M/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI memposisikan PAPPIPTEK LIPI sebagai lembaga yang secara fungsional berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala LIPI dan secara administratif berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Utama.



Berita Iptek Lihat Semua


Gallery Lihat Semua

Atas