Home / Proyek / Aspek Teknologi dan Inovasi dalam Kerangka Mendorong Entrepreneurship pada Industri Kreatif Berbasis Budaya

Hubungi Tim Penelitian Ini

  • Peneliti : Hadi Kardoyo, S.E, M.ECON.ST
  • Telepon : (021)5225711
  • Email : hadi.kardoyo@lipi.go.id

Proses Penelitian

Aspek Teknologi dan Inovasi dalam Kerangka Mendorong Entrepreneurship pada Industri Kreatif Berbasis Budaya

  • Koordinator penelitian :Hadi Kardoyo, S.E, M.ECON.ST
  • Anggota Penelitian :Anugerah Yuka Asmara, SAP,Sayim, S.T.,Setiowiji Handoyo, S.E. M.E.
Ringkasan penelitian

Tren pertumbuhan ekonomi dunia mengalami pergeseran dari struktur ekonomi berbasis sektor primer dan sekunder menuju kontribusi sektor tersier yang semakin dominan. Sektor jasa saat ini memberikan kontribusi signifikan dalam menyumbang angka pertumbuhan ekonomi dan sumber penyerapan tenaga kerja. Perkembangan teknologi berperan dalam mendorong pertumbuhan sektor jasa. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi salah satu pendorong utama dalam menopang pertumbuhan di sektor jasa. Aplikasi-aplikasi TIK mendorong berkembangya diferensiasi aktivitas bisnis di sektor jasa.
Industri kreatif sabagai salah satu bentuk aktivitas industri baru di sektor tersier saat ini menjadi komponen penting bagi modern “post-industrial knowledge-based economies” (Unesco, 2010). Lebih lanjut, sub sektor industri kreatif ini selain menyumbang angka pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, juga sebagai sub sektor yang merepresentasikan diferensiasi aktivitas ekonomi berbasis “cultural identity”.
Keterkatiran antara industri kreatif dengan diferensiasi aktivitas ekonomi berbasis cultural identiy merepresentasikan besarnya peluang bagi munculnya jenis-jenis aktivitas ekonomi baru dalam kerangka knowledge-based economy. Karakteristik industri kreatif tersebut juga memberikan peluang bagi pertumbuhan entrepreneurship di sektor industri ini. Entrepreneurship di industri kreatif ini memiliki karakteristik berupa “knowledge-intensive entrepreneurship” dengan didasarkan pada kapasitas knowledge yang dimiliki pada masing-masing pelaku yang akan diwujudkan dalam berbagai bentuk inovasi produk sesuai dengan karakter pada industri kreatif.

Laporan Penelitian

Luaran Penelitian Lainnya