Hubungi : Qinan Maulana B
 Telepon: (021)5225711
 Email : qinan.maulana@gmail.com,

Policy Brief Kebijakan dan Manajemen Iptek & Inovasi : Bioplastik

Penulis : Qinan Maulana Binu Soesanto , S.T., M.Sc.,Dr. Trina Fizzanty,Dian Prihadyanti, S.T., M.T.,Dra. Hartiningsih, M.A.


Tahun Publikasi :

Penerbit : PAPPIPTEK LIPI


Topik

policy brief; bioplastik


Tingginya penggunaan kantong plastik menimbulkan permasalahan lingkungan di Indonesia, hal tersebut disebabkan karena sulit terurainya kantong plastik konvensional di lingkungan. Terdapat 2 pendekatan dalam menyelesaikan isu kantong plastik, yaitu adaptasi dan mitigasi. Adaptasi menekankan pada aksi pengurangan penggunaan kantong plastik, dengan melakukan tindakan insentif
dan disinsentif bagi penggunaan kantong plastik. Sedangkan mitigasi menekankan pada aksi merubah bahan baku plastik konvensional dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan mudah terurai oleh alam seperti bahan biomaterial.
Secara ringkas ada 3 pesan kunci berdasarkan 2 pendekatan di atas 1) perlu disusun tentang regulasi penggunaan kantong plastik ramah lingkungan; 2) pembentukan konsorsium yang terdiri dari kalangan akademisi, industri dan pemerintah; 3) memonitoring implementasi peraturan yang sudah ada.