Laporan Tahunan 2015

Tahun 2015 merupakan awal bagi Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (Pappiptek)-LIPI melaksanakan Rencana Strategis LIPI 2015-2019 sekaligus Rencana Implementatif Pappiptek 2015-2019. Sesuai roadmap penelitian Pappiptek, pengembangan industri berbasis kekayaan hayati Indonesia diangkat menjadi tema utama riset di tahun ini. Kemampuan iptek dan inovasi menjadi isu penting yang diangkat dalam penelitian Pappiptek serta menjadi bahasan pula dalam agenda seminar nasional dan internasional di mana Pappiptek sebagai tuan rumah, yakni Seminar Nasional Forum Iptekin V dan Konferensi Asialics ke-12. Konferensi Asialics ini baru pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia.
Pappiptek juga membangun jejaring dengan kalangan industri melalui pemberian penghargaan
LIPI SBIIA (Science Based Industrial Innovation Award). LIPI SBII Award merupakan upaya untuk mendorong, mempromosikan, sekaligus mengapresiasi pihak-pihak industri yang meningkatkan daya saing perusahaan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan kegiatan penelitian dan pengembangan. Pada kesempatan tersebut, Pappiptek juga meluncurkan buku indikator iptek, yakni Persepsi Masyarakat terhadap Iptek, merupakan hasil survei di sepuluh kota besar Indonesia. Pappiptek juga menyelenggarakan dialog antara pengambil kebijakan dan pakar kebijakan iptek melalui penyelenggaraan STI Outlook. Pada dialog ini, pakar iptek Pappiptek mengingatkan semua pemangku kepentingan bahwa inovasi dengan learning by doing dan intensitas riset yang rendah tidak akan cukup untuk membawa industri Indonesia menjadi pelaku dalam rantai pasar global. Pada tahun ini, Pappiptek telah berhasil memublikasikan 2 policy brief sebagai media tinjauan pengambil kebijakan di bidang kebijakan iptek.
Di samping wadah komunikasi tersebut, rintisan kolaborasi internasional diinisiasi Pappiptek pada tahun 2015 ini melalui MoU antara LIPI dan STEPI (Science and Technology Policy Institute) Republik Korea. Kontribusi Pappiptek juga semakin menonjol dalam berbagai forum nasional dan internasional, di antaranya Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional X dan beberapa forum internasional seperti APCTT NIS Forum, The Third ASEAN-ROK STI Dialogue, dan ASEAN Talent Mobility Workshop yang dilaksanakan di Thailand.
Banyak pihak yang telah berkontribusi pada pencapaian target kinerja organisasi, di antaranya dukungan Pimpinan LIPI serta dukungan para pemangku kepentingan, khususnya Kementerian Ristek-Dikti, Kementerian ESDM, dan Kementerian KKP. Dukungan senior kami, Prof Lukman Hakim, Prof Erman Aminullah, Ibu Wati Hermawati, dan Bapak Dudi Hidayat, beserta seluruh peneliti Pappiptek mulai membuahkan hasil. Berbagai agenda besar Pappiptek juga dapat terwujud berkat kerja keras rekan-rekan, Ibu Nani Grace Simamora beserta staf Bidang Diseminasi Hasil Penelitian, Ibu Chichi Shintia Laksani, dan staf Bagian Tata Usaha Pappiptek. Penghargaan bagi semua pihak yang telah membantu
kami mewujudkan semua upaya ini. Kami berharap laporan tahunan ini, dengan format yang baru, dapat menginspirasi pembaca untuk menjadi bagian dari jejaring di lembaga ini. Terima kasih atas perhatian dan dukungan pada Pusat Penelitian Perkembangan Iptek. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan & keberkahan bagi pemangku kepentingan.