Penilaian LIPI Science-Based Industrial Innovation Award

Tanggal : 26 Juli 2017
Jam : -
Lokasi : Ruang Rapat Pappiptek
Tipe :
Peserta :
Website : Klik Disini
Hubungi :

Penilaian LIPI Science-Based Industrial Innovation Award

Pusat Penelitian Perkembangan Iptek- LIPI (Pappiptek-LIPI) tahun 2017 kembali menyelenggarakan LIPI Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award) ke tiga. Penganugerahan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap industri yang berhasil mengembangkan inovasi berbasis penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Perusahaan/industri yang berpartisipasi adalah Perusahaan lokal dan mancanegara yang berbasis di Indonesia atau perusahaan dengan kegiatan komersial di Indonesia seperti melakukan aktivitas litbang dan manufaktur. Sebagai catatan perusahaan mancanegara adalah yang memberikan manfaat ekonomi (tenaga kerja,local content) dan juga yang berinvestasi di litbang. Perusahaan yang memiliki unit litbang dan secara intensif  melakukan penelitian dasar dan terapan untuk memperoleh pengetahuan baru, penemuan atau modifikasi dari teknik dan/atau produk yang sudah ada. Salah satu indikator yang bisa dijadikan rujukan adalah paten. Catatan: Investasi R&D tidak harus punya R&D sendiri dan minimum ada kerja sama dengan institusi, industri/perusahaan, lembaga litbang/PT di Indonesia

 

Data perusahaan yang dinominasikan berasal dari, Survey Litbang Industri Manufaktur Tahun 2016, Pusdatin Kemenristekdikti, Industri Manufaktur yang telah berpartisipasi dalam LIPI SBIIA Award Tahun 2013 dan 2015

 

Rapat Seleksi Awal LIPI SBII Award 2017 ini dilakukan pada tanggal 26 Juli 2017 untuk menentukan Finalis LIPI SBII Award  2017 yang dihadiri oleh 7 orang penilai yaitu :

  1. Prof. Dr. Harijono A. Tjokronegoro (Institut Teknologi Bandung )- Ketua Dewan Juri LIPI SBIIA 2017
  2. Prof. Dr. Lukman Hakim (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) – Anggota Dewan Juri
  3. Prof. Dr. Erman Aminullah (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) – Anggota Dewan Juri
  4. Ir. Betti Alisjahbana– Anggota Dewan Juri
  5. Prof. Dr. Harmita, Apt (UI) – Anggota Dewan Juri
  6. Prof.Dr.Maggy T. Suhartono (IPB) – Anggota Dewan Juri
  7. Dr. Meika Syahbana Rusli (IPB) – Anggota Dewan Juri.

Setelah dilakukan penilaian, pembahasan, dan diskusi terhadap masing-masing perusahaan, selanjutnya Tim Dewan Juri LIPI SBIIA 2017 memutuskan dan menyepakati yang  lolos menjadi finalis LIPI SBII Award 2017  terdapat 3 (tiga) perusahaan kategori Life Science dan  3 (tiga) perusahaan kategori Physical science.