Pelatihan Mendeley

Tanggal : 05 Juli 2017
Jam : -
Lokasi : Ruang Rapat Papppiptek- LIPI
Tipe :
Peserta :
Website : Klik Disini
Hubungi :

Pelatihan Mendeley

Pelatihan Mendeley pada tanggal 5 Juli 2017 bertempat di ruang rapat PAPPIPTEK-LIPI dengan narasumber Ibu Hanifa Abdiraihan dari Inside Indonesia Magazine diikuti oleh seluruh peneliti kelti manajemen riset, teknologi & inovasi serta kelti kebijakan & sistem indikator iptek.

Mendeley, yaitu suatu aplikasi program komputer berbasis web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, user dapat mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring dengan peneliti lainnya. Pelatihan ini penting untuk peneliti yang salah satu tugasnya adalah membuat tulisan ilmiah

Awal mula pelatihani dipaparkan cara mengunduh software ini di website dengan alamat http://www.mendeley.com. Sebelum mengunduh harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan alamat email.  Setelah mendaftar barulah dapat mengunduh dan menginstallnya di laptop.

Banyak keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh program ini:

  1. Karya Ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis, judul, tahun dan Penerbit.
  2. Kita dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal tetapi diseluruh jurnal/buku/program  yang mengandung kata yang kita cari.
  3. Setiap file yang kita tambahkan di dalam program Mendeley ini dapat diketahui detailnya otomatis secara lengkap tanpa harus kita tambahkan satu persatu. Detail ersebut berisi antara lain : Tipe file, Judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, url asal, dsb. Selain itu, detail dari file dapat kita edit sesuai keinginan kita.
  4. Terhubung secara online dengan website, jadi bagi kita yang memiliki akun Mendeley di internet dapat di sinkronkan dengan file yang ada di komputer kita dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun asal ada jaringan internet.
  5. Dengan fasilitas web importer kita dapat menambahkan file ke Mendeley tanpa mengunduhnya.
  6. Berbagi jurnal/buku/tulisan ilmiah lainnya dalam grup yang bisa kita buat dengan sesama peneliti lainnya