+62 21 520 1602 pappiptek@mail.lipi.go.id

Agenda Pertemuan Ilmiah

 

Detail Agenda Pertemuan Ilmiah

: Diskusi Ilmiah Forum Pengkajian Iptek dan Inovasi

: 25 April 2019

Tanggal 25 April 2019 lalu, Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (P2KMI) telah melaksanakan kegiatan Forum Pengkajian IPTEK & Inovasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh P2KMI setiap minggunya dengan tujuan untuk terus memperkaya pengetahuan seiring dengan perkembangan IPTEK & Inovasi yang terjadi saat ini. Kegiatan yang dilakukan pada forum kajian ini biasanya berupa presentasi yang dipaparkan oleh dua orang anggota P2KMI dan dilanjutkan dengan diskusi serta tanya-jawab mengenai materi presentasi yang disampaikan.

Pada kesempatan ini, materi presentasi pertama disampaikan oleh Rendi Febrianda yang mengangkat isu mengenai kewajiban seorang peneliti untuk menyampaikan hasil penelitiannya kepada masyarakat. Rendi mejelaskan bahwa komunikasi yang baik harus dibangun tidak hanya antar peneliti dalam komunitas ilmiahnya, melainkan juga antar peneliti dengan masyarakat agar terbentuk sifat saling memahami antar kedua belah pihak. Ketika peneliti dan masyarakat berkomunikasi dengan baik, maka akan terbentuk suatu hubungan dimana masyarakat dapat memahami peran peneliti di lingkungannya, dan peneliti pun memahami isu-isu yang terjadi di masyarakat sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi serta mendukung dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, materi sharing kedua disampaikan oleh Anggini yang memaparkan mengenai start up financing. Dalam kesempatan ini Anggini menyampaikan bahwa, selain karena kesalahan dalam membaca kebutuhan pasar, kehabisan dana merupakan penyebab kedua terbesar dalam kegagalan suatu perusahaan inovatif (start up company). Oleh karena itu, financial instrument merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan suatu perusahaan inovatif dan mendukung terwujudnya inovasi. Sehingga, kebijakan terkait dengan inovasi harus dibuat selaras dengan financial instrument. Lebih lanjut, Anggini menjelaskan terdapat beberapa pilihan bagi perusahaan startup untuk mendapatkan dukungan finansial, diantaranya adalah cash on hand atau kartu kredit, pinjaman keluarga atau rekan, public funding, pinjaman bank, crowdfunding, angel investor, accelerator, maupun venture capital.